Teknik Print Kaos DTG vs Sablon Manual: Mana yang Lebih Unggul?

Dalam usaha membuat produk kaos, ada beberapa teknik yang seringkali digunakan. Secara umum, dalam industri yang berkembang, ada dua cara yang seringkali digunakan. Teknik tersebut adalah print kaos dengan menggunakan mesin DTG dan menggunakan sablon manual. Memang, secara umum sablon manual lebih dulu digunakan sebelum mesin DTG muncul.

Print Kaos DTG vs Sablon Manual

Oleh karena itu, secara popularitas sablon manual cenderung lebih dikenal daripada mesin cetak DTG setidaknya hingga hari ini. Namun, bagaimana dengan kualitas dari hasil kedua teknik tersebut?

Mana yang lebih baik dan unggul dari keduanya?

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa perbandingan dari teknik print kaos menggunakan mesin DTG dan sablon manual. Penasaran mana yang lebih baik? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Modal Pembelian
Jika Anda merencanakan bisnis cetak kaos, maka mengetahui modal awal yang diperlukan adalah salah satu hal yang sangat penting. Dengan mengetahui modal awal tersebut tentu saja Anda bisa melakukan kalkulasi mengenai berapa banyak modal yang diperlukan. Untuk modal awal, bisa dikatakan bahwa alat untuk sablon manual cenderung lebih murah dibandingkan dengan mesin DTG. Dalam hal ini untuk membeli mesin DTG Anda akan membutuhkan modal puluhan juta.

Hal ini cukup beralasan karena mesin DTG menawarkan teknologi baru yang dikembangkan. Oleh karena itu, jika Anda sebagai pemula dalam ide bisnis ini dan tidak memiliki modal yang cukup, maka teknik sablon manual cenderung cocok untuk Anda kembangkan.

Waktu Pengerjaan Kaos
Hal lain yang menjadi bahan perbandingan dari mesin cetak DTG dan sablon manual adalah lama pengerjaan. Ya, ini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan karena akan sangat berpengaruh pada lamanya Anda mengerjakan pesanan dari para konsumen.

Nah, dalam hal ini bisa dipastikan bahwa mesin DTG akan memberikan waktu yang lebih singkat daripada teknik sablon manual. Hal ini sangat beralasan karena menggunakan mesin DTG untuk mencetak desain pada kaos sama dengan mencetak tulisan pada kertas. Waktu yang diperlukan cenderung lebih sedikit hanya sekitar 10 menit saja. Hal ini berbeda dengan sablon manual yang terkadang lama karena perlu beberapa kali cetakan.

Kualitas Warna
Membandingkan kualitas warna dari desain yang diaplikasikan menjadi penting untuk menilai mana yang lebih baik antara mesin cetak DTG dan mesin sablon manual. Nah, dalam hal ini, mesin DTG unggul dibandingkan dengan teknik sablon manual.

Dalam hal ini, warna yang dihasilkan dengan menggunakan mesin cetak DTG cenderung lebih jelas dan tajam. Hal ini dikarenakan cat yang digunakan cenderung lebih cair sehingga bisa membentuk pola dengan lebih tegas. Hal berbeda didapatkan dari sablon manual. Meskipun hasilnya bagus, namun untuk kehalusan masih kalah dari mesin cetak DTG. Terlebih jika bahan kaos yang digunakan adalah kaos dengan pori-pori.

Kemudahan Membuat Desain
Tidak dimungkiri bahwa desain adalah hal yang sangat penting dalam usaha kaos. Banyak konsumen yang mendambakan memiliki kaus dengan desain yang begitu unik. Oleh karena itu, kemudahan dalam mencetak dengan aneka desain menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Nah, dalam hal ini bisa dikatakan bahwa mesin DTG cenderung lebih bagus daripada sablon manual. Dengan teknologi yang digunakan, mesin DTG bisa mencetak aneka desain pada kaus dengan sangat maksimal dan mudah. Hal ini tidak seperti sablon manual yang terkadang tidak bisa mencetak jika desain terlalu rumit.

Demikian beberapa perbandingan mesin DTG dan sablon manual. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, print kaos DTG cenderung lebih unggul meskipun lebih mahal dari segi harga.

Post a Comment

0 Comments